Tuesday, March 6, 2012

Ikan Bandeng (Chanos chanos)

Ikan Bandeng (Chanos chanos)


Klasifikasi ilmiah Ikan bandeng

Regnum: Animalia
Filum     : Chordata
Kelas    : Actinopterygii
Ordo     : Gonorynchiformes
Familia : Chanidae
Genus   : Chanos
Spesies : Chanos chanos (Forsskål, 1775)
Gambar Ikan Bandeng (Chanos chanos)


Bandeng (Chanos chanos) adalah ikan yang merupakan makanan penting di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam familia Chanidae (kurang lebih tujuh spesies punah dalam lima genus tambahan dilaporkan pernah ada). Bandeng mempunyai daerah penyebaran yang luas. Mereka hidup di Samudra Hindia dan menyeberanginya sampai Samudra Pasifik, mereka cenderung bergerombol di sekitar pesisir dan pulau-pulau dengan koral. Ikan yang muda dan baru menetas hidup di laut untuk 2 - 3 minggu, lalu berpindah ke rawa-rawa bakau, daerah payau, dan kadangkala danau-danau. Bandeng baru kembali ke laut kalau sudah dewasa dan bisa berkembang biak.

Ikan dengan warna keperak-perakan ini mempunyai sifat euryhalin artinya dapat hidup dalam air dengan variasi salinitas yang besar, dari perairan samudera yang bersalinitas tinggi sampai pada air payau di pantai, bahkan yang dibudidayakan dapat hidup pula pada air tawar. Ikan Bandeng yang masih muda ini (disebut nener dan diternakkan di tambak-tambak) ditemukan di daerah yang dipengaruhi pasang-surut, dan perairan yang tidak terlampau keruh.. Di sana mereka bisa diberi makanan apa saja dan tumbuh dengan sangat cepat. Daerah-daerah sumber nener di Indonesia meliputi perairan pantai Aceh, Bengkulu, Lampung, pesisir utara Jawa, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tengah serta di Halmahera.

1 komentar:

  1. Makasih infonya jangan lupa kunjungi saya http://bit.ly/2o9Kvb9

    ReplyDelete

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Indonesian Indigenouse Fish >> is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger